Darurat “Ayo Ndalam” Separuh Wilayah Muba Terendam

No. 1701/BPBD/2024   Berita Muba   Rabu, 17 Januari 2024   225

Darurat “Ayo Ndalam” Separuh Wilayah Muba Terendam

Darurat “Ayo Ndalam” Separuh Wilayah Muba Terendam


*Pj Bupati Apriyadi Warning Perusahaan, Prioritas Salur CSR di Lokasi Banjir*

*Pj Bupati Apriyadi Boyong Bantuan Hingga Buka Dapur Umum untuk Pengungsi*

MUBA- Ratusan KK di beberapa wilayah Kabupaten Muba terendam banjir. Rabu (17/1/2024) pagi Pj Bupati Apriyadi dan Pj Ketua TP PKK Asna Aini Apriyadi bersama beberapa Kepala OPD meninjau dan menyambangi langsung warga terdampak banjir yang saat ini sudah mengungsi di tempat pengungsian yang disiapkan Pemkab Muba 

Lokasi banjir yang disambangi Pj Bupati Apriyadi tersebut diantaranya Desa Kemang, Air Balui, Ulak Embacang dan beberapa Desa di Kecamatan Sanga Desa yang merupakan daerah perbatasan antara Kabupaten Musi Rawas. 

"Saat ini hampir separuh wilayah di Muba terendam banjir yang mencapai pinggang orang dewasa," ungkap Apriyadi Mahmud. 

Pantauan di lokasi tampak mantan Kadinsos Pemprov Sumsel itu menerjunkan bantuan berupa sembako dan obat-obatan termasuk Kebutuhan Ibu Hamil sebagaimana Usulan Kepala Desa yang diperuntukan  untuk warga yang terdampak banjir dan saat ini telah ditempatkan di pengungsian terdekat. Bahkan, Pj Bupati Apriyadi Mahmud beserta Pj Ketua TP PKK Asna Aini menyempatkan diri makan siang bersama dengan warga di lokasi dapur umum dan tempat pengungsian. 

"Hari ini kita bersama Baznas membawa sekitar 350 paket sembako untuk warga terdampak banjir, semoga ini bisa sedikit mengurangi beban warga terdampak banjir di Desa Air Balui dan sekitarnya," harapnya. 

Kandidat Doktor Universitas Sriwijaya ini juga menginstruksikan kepada perangkat sekolah untuk meliburkan aktifitas belajar di sekolah yang terkena banjir.

"Sekolah yang banjir harus diliburkan, peserta didik diminta untuk belajar di rumah masing-masing dan diawasi orangtua," kata Apriyadi. 

Ia menambahkan, Pemkab Muba juga telah menyediakan dapur umum serta posko kesehatan yang menyiagakan 24 jam petugas medis dengan bekerjasama puskesmas desa setempat. 

"Jadi posko kesehatan harus siaga 24 jam, petugas medis fasilitasi kebutuhan warga yang membutuhkan perawatan khususnya warga yang terdampak banjir," ulasnya. 

Mantan Kades Pematang Palas ini juga menegaskan, agar pihak perusahaan di wilayah Muba pro aktif untuk segera menyalurkan bantuan atau CSR di lokasi banjir. "Saya minta agar perusahaan-perusahaan di Muba untuk bergotong royong bersama salurkan bantuan untuk warga terdampak banjir," tegasnya. 

Sementara itu, Kadinkes Muba dr Azmi Dariusmansyah MARS menyebutkan pihak Dinkes Muba selain menyiagakan posko kesehatan juga menyiapkan puskesmas keliling (Pusling) yang mobile menginventarisir masyarakat terdampak banjir. 

"Obat-obatan juga disiapkan terutama obat batuk pilek dan penyakit kulit untuk dewasa dan anak-anak," bebernya. 

Kepala Dinas PUPR Muba Alfa Elan SST MPSDA mengatakan, pihaknya juga sesuai instruksi Bupati Apriyadi untuk siaga mengantisipasi kerusakan infrasruktur jalan dan jembatan yang terdampak luapan sungai Musi. 

"Alat berat kita siagakan, kami juga menyebar petugas di lokasi terdampak banjir untuk meminimalisir kerusakan infrastruktur jalan dan jembatan," tandasnya. 

Turut mendampingi Pj Bupati Apriyadi dalam kesempatan meninjau beberapa lokasi banjir di Muba diantaranya Plt Kadis PMD Erdian Syahri SSos MSi, Kadin Kominfo Herryandi Sinulingga AP, Plt Kadis Perkim M Ridho ST MT, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Ali Badri ST MT, Direktur RSUD Sekayu dan Forkopimcam Kecamatan Sanga Desa.


Berita Terkait
  Sambutan
Bismillahirrohmannirrohiim. Assalamu'alaikum Wr.Wb. Selamat datang di situs resmi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Musi Banyuasin. Website BPBD Kabupaten Musi Banyuasin merupakan media resmi yang menyajikan berbagai informasi terkait dengan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Musi Banyuasin yang berbasis teknologi informasi. Dengan adanya website resmi ini, diharapkan masyarakat luas baik dalam Kabupaten maupun di luar Kabupaten Musi Banyuasin dapat mengakses setiap informasi dan data yang tersedia dengan mudah, cepat dan akurat. Selanjutnya, diharapkan juga dengan media ini maka pelayanan publik di bidang kebencanaan khususnya di Kabupaten Musi Banyuasin dapat ditingkatkan dan menjadi lebih baik serta terpercaya yang pada gilirannya akan mampu mendorong peningkatan dan capaian kinerja badan. Saran dan masukan yang positif dan membangun sangat diharapkan guna meningkatkan penyajian informasi dan pelayanan lebih baik di masa yang akan datang. Semoga website ini dapat menjadi salah satu media untuk mewujudkan pelayanan yang prima, handal, dan terpercaya kepada masyarakat luas guna mendukung visi Muba Maju Berjaya Tahun 2022. Terima kasih. Wassalamu'alaikum. Wr. Wb.
  INFO BMKG
Info Gempa Terkini

Tanggal
15 Jun 2024
Jam
22:31:03 WIB
Koordinat
-4.89,103.02
  Lintang
4.89 LS
  Bujur
103.02 BT
Magnitude
4.8
Kedalaman
30 km
Wilayah
Pusat gempa berada di laut 38 km barat daya Kaur
Dirasakan
II-III Bengkulu Selatan, II-III Kaur, III Pesisir Barat, III Lampung Barat
Potensi
Gempa ini dirasakan untuk diteruskan pada masyarakat

  Selengkapnya ...  
  INFO BENCANA
INSTAGRAM @pusdalops_muba